Selasa, 20 Februari 2018

Cara Menciptakan Tahu Bundar Kopong Dan Crispy

Tahu lingkaran kini menjadi jajanan yang sedang buming di setiap daerah, sampai-sampai ada lagu khusus yang berjudul tahu bulat. Tahu lingkaran bahwasanya ada sudah usang terutama di kawasan jawa barat dan banten sudah cukup banyak yang menjualnya dari dulu. Namun alasannya yakni ada sebuah lagu ihwal tahu bulat, menciptakan tahu lingkaran semakin dikenal oleh masyarakat. Dan peluang perjuangan tahu lingkaran pun semakin besar. Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba menjual tahu lingkaran alasannya yakni melihat peluang tersebut. Bahkan ada juga beberapa yang menciptakan franchise atau waralaba dengan menjual tahu bulat.
Tahu lingkaran terbuat dari materi dasar tahu yang yang dibuat menjadi lingkaran kemudian digoreng. Namun tahu lingkaran bukan sekedar tahu goreng biasa, tahu lingkaran isinya agak kopong dan kulit terasa kenyal. Rasanya juga gurih, kemudian dicampur dengan bumbu atau sambal abu yang pedas sehingga memanjakan lidah.
Ciri khas penjual tahu lingkaran pada umumnya dijual memakai kendaraan beroda empat pick up dengan bunyi speaker rekaman seseorang yang memperlihatkan tahu bulat. Walaupun kini ini banyak juga yang menjual tahu lingkaran memakai gerobak. Harga tahu lingkaran cukup terjangkau, biasanya satu tahu lingkaran dijual dengan harga Rp 500. Oleh alasannya yakni itu di kalangan belum dewasa pun banyak yang pada jajan tahu bulat. Di samping harganya murah, rasanya juga enak dan lezat, sehingga banyak disukai oleh belum dewasa hingga orang tua.
Cara menciptakan tahu lingkaran bahwasanya cukup mudah, dan bahan-bahannya juga sangat simpel dan sederhana. Bagi yang ingin tahu resep dan cara menciptakan tahu bulat, hening saja kali ini kita akan bantu-membantu mempraktekkan cara menciptakan tahu lingkaran yang enak, kenyal, dan gurih. Bagaimana cara membuatnya? Yuk eksklusif saja kita simak yang berikut ini.

Bahan-bahan:
  • 5 buah tahu putih
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 3 siung bawang putih
  • Kaldu abu atau penyedap rasa secukupnya (bisa royco atau masako)
  • Garam halus secukupnya
  • 2 liter minyak goreng, untuk menggoreng


Cara menciptakan tahu bulat:
  1. Gunakan plastik yang cukup besar, masukkan tahu putih ke dalamnya. Haluskan dengan meremas-remas memakai jari-jari tangan, atau dapat juga memakai ulegan dipenyet-penyet. Pastikan tahu putihnya halus semua dan tidak ada gumpalan
  2. Masukkan semua bumbu kecuali tepung tapioka, aduk hingga benar benar rata
  3. Tambahkan tepung tapioka ke dalam gabungan sambil diaduk-aduk, hingga gabungan tahu lingkaran dapat dibentuk
  4. Bentuk gabungan bulat-bulat menyerupai bola pingpong
  5. Goreng tahu lingkaran hingga matang
  6. Setelah matang, angkat kemudian tiriskan
  7. Sajikan bersama sambal abu pedas
Tahu lingkaran siap untuk dihidangkan, selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar