Jumat, 23 Februari 2018

Resep Cara Menciptakan Tahu Bacem Kecap Pedas


Selain tempe, tahu merupakan kuliner yang paling sering dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari. Karena mengolah kuliner tahu sangat sederhana dan harga tahu pun cukup murah sehingga sanggup terjangkau oleh semua kalangan. Tahu juga gampang didapat, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket, bahkan ada juga penjual tahu keliling.
Nah kali ini kita akan bahu-membahu mengolah kuliner tahu menjadi tahu bacem. Caranya cukup mudah, apalagi yang sudah pernah menciptakan tempe bacem di resep cara menciptakan tempe bacem. Karena memang cara membuatnya sama dengan tempe bacem, hanya saja bahannya memakai tahu. Atau menciptakan keduanya secara bersamaan juga bisa, alasannya ialah memakai bumbu yang sama.

Sebelum kita melangkah ke proses cara menciptakan tahu bacem, sebaiknya perlu kita ketahui terlebih dahulu ihwal tips menentukan tahu yang baik. Karena tidak semua tahu itu baik lho, banyak tahu yang mengandung pengawet, formalin, dan obat kimia lainnya yang membahayakan bagi badan manusia. Oleh alasannya ialah itu penting bagi kita untuk mengetahui kualitas tahu yang baik. Adapun tahu yang bebas pengawet maupun pewarna yang berbahaya ciri cirinya yaitu:

  • Dari baunya, jikalau tahu berbau obat maka itu biasanya mengandung formalin, sedangkan tahu yang normal itu baunya khas kedelai dan agak asam
  • Tahu yang mengandung formalin memiliki tekstur lebih kenyal dan keras jikalau ditekan memakai jari, tetapi jikalau tahu yang normal apabila ditekan memakai jari akan gampang hancur
  • Tahu yang memakai pewarna, akan berwarna kuning hingga ke bab tengah tahu apabila dibelah. Namun jikalau tahu berwarna kuning alami memakai kunyit, warna kuning hanya ada di permukaan luar saja dan tidak hingga ke bab tengah tahu
Kurang lebih ibarat itu perbedaan antara tahu yang mengandung materi berbahaya dengan tahu yang normal alami. Nah mulai kini kita harus lebih teliti lagi pada ketika membeli tahu, jangan hingga kita membeli tahu yang mengandung zat berbahaya. 


Baik selanjutnya yaitu kita melangkah ke cara menciptakan tahu bacem. Bagaimana caranya dan apa saja materi bahannya? eksklusif saja yuk kita siapkan bahan-bahannya untuk menciptakan tahu bacem.

Bahan-bahan:
- Tahu kotak atau tahu putih 400 gram
- Gula Merah 1 sendok makan
- Air asam 1 sendok makan
- Daun salam 2 lembar
- Lengkuas 2 sm, kemudian geprek
- Air 300 ml
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap bagus secukupnya
- Minyak untuk menggoreng
- 2 buah cabe merah besar


Bumbu Halus:

  • 4 Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri


Cara menciptakan tahu bacem:

  1. Haluskan bawang merah, cabe merah, bawang putih, ketumbar, dan kemiri, hingga menjadi bumbu halus
  2. Campur bumbu halus dengan air, asam, gula, garam, dan kecap bagus di dalam wajan
  3. Masukkan Tahu, ratakan hingga semuanya terendam bumbu
  4. Tambahkan daun salam dan lengkuas
  5. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap ke tahu, angkat dan dinginkan
  6. Panaskan minyak kemudian goreng hingga berwarna coklat gelap, angkat dan hidangkan


Tahu bacem siap untuk disajikan, Selamat Mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar